Silent Hill di Kampung Cina Kota Wisata Cibubur



Rutinitas yang gue jalankan dari hari Senin sampai Jumat terbilang membosankan. Gimana enggak, wong tiap hari siklusnya itu-itu aja bangun -> kerja -> pulang -> tidur -> bangun lagi -> kerja lagi -> dan begitu seterusnya. Ngebosenin kan? I need a slight refreshment, biar hidup gak boring haha.

Tapi karena uang waktu yang gak banyak buat liburan yang jauh, jadi gue mencari alternatif liburan di Jakarta. Lalu browsing lah gue “Tempat rekreasi murah di Jakarta”. Pencarian gue berakhir pada salah satu blog (lupa linknya) yang menyebutkan bermacam-macam tempat di Jakarta untuk rekreasi singkat. Buuuut ternyata dari tempat yang direkomendasikan oleh blog tersebut sebagian besar udah pernah gue kunjungi. Lalu mata gue tertuju pada satu tempat yang udah lamaaaa banget semenjak terakhir kali gue kesana. That is Kota Wisata Legenda Cibubur, especially Kampung Cina.

Gerbang Kemakmuran
Fixed, Sabtu 28 Maret gue bersama rombongan mengendarai sepeda motor menuju Kota Wisata Cibubur dengan bimbingan dari google maps. Ternyata lokasinya jauh banget dari rumah gue, pegel gilak! Setelah sampai gue kira harus bayar tiket masuk layaknya tempat rekreasi lain, ternyata kita hanya perlu bayar parkir 3000 perak aja. Murah ya :D

I was really excited, terlebih lagi untuk bernostalgia dengan masa kecil. Setelah keluar dari area parkir terlihat ‘Gerbang Kemakmuran’ khas Kampung Cina. “Wah ternyata masih kayak dulu” pikir gue. Seperti biasa, karena hobi baru gue, jadi ini harus diabadikan dalam gambar hehe.

 Memasuki kawasan Kampung Cina masih terlihat seperti terkahir kali gue kesini. Banyak pedagang pernak-pernik khas Cina yang dijajakan penjual yang didominasi oleh warna merah. Cheongsam, payung, mini barongsai, kipas, layang-layang dan lain sebagainya dipajang untuk menarik perhatian pengunjung.
Penjaja pernak-pernik khas Cina
Seingat gue dulu disini ada semacam theme park dan didalam theme park itu ada banyak permainan seperti sepeda air (yang bentuknya bebek), perahu naga, dll. Selain permainan didalam theme park itu juga terdapat toko-toko dan nama jalan yang khas dengan beberapa negara di dunia. Contohnya Kampung Jepang, Kampung Amerika, Kampung India, dsb. Penasaran karena udah muter-muter beberapa kali tapi gak ketemu juga.

Finally setelah menelusur lebih dalam gue menemukan apa yang gue cari. Tapi setelah negara api menyerang keadaannya udah gak seperti dulu lagi. Shit happened here!

“Hati-hati guys ntar ada zombie” ucap gue karena efek kebanyakan nonton Walking Dead lol.

Beneran deh suasananya kaya di film Silent Hill. Hening, daun gugur dimana-mana, bangunan terbengkalai dan gak terurus bahkan ada salah satu bangunan tertulis “AWAS BANGUNAN RAPUH”. Tampak gerbang Fantasy Island yang dipaku dengan kayu dan perahu naga yang udah gak mungkin bisa dipakai.  Gue kecewa. Aarrrgh I was very very very excited.
 
Area Fantasy Island
Mungkin karena gue yang gak up to date atau memang gak ada pemberitahuan kalau area ini ditutup. Entah apa alasan dari penutupan area ini. Yasudahlah ya *sigh*. Akhirnya kita putuskan untuk berjalan menuju sisi danau yang rumputnya masih hijau.

Tepi danau, replika dinosaurus, dan replika London Bridge
Ditepi danau ini ada ayunan dan jungkat-jungkit, tapi waktu itu ayunan dan jungkat-jungkitnya udah di’klaim’ sama pemuda-pemudi yang kongkow disitu. Banyak yang pacaran pula disini. Lalu mata gue menangkap sepasang cewek dan cowok yang lagi mesum! Si cowok meluk cewek dari belakang, ceweknya nutupin badannya pakai jaket ckck.. Tapi yang membuat gue lebih kecewa adalah ceweknya pake jilbab. Meh. Gue dan rombongan gue mencoba iseng pindah lokasi mendekati posisi mereka, tiba-tiba mereka yang semula posisinya saling berdempetan langsung saling menjauh ketika mereka mendengar langkah kaki kita. Hihi ketauan deh.

Nah kan, bagus diluar tapi ternyata begitu, malu-maluin. Ya emang kalian pacaran ngapain aja terserah kalian, itu hak kalian. Tapi PLEASE, jangan ditempat umum. Kalian hanya akan malu-maluin diri sendiri dan agama kalian (khususnya yang pakai jilbab, mending gak usah pakai sekalian).*
Pulang dengan kekecewaan lalu kita menyusuri jalan masuk yang kita lewati tadi, itu lho yang ada tulisan “AWAS BANGUNAN RAPUH”. Dan kalian tahu apa yang gue temukan lagi disini? Lagi-lagi sepasang muda-mudi lagi mojok! Duh, mentang-mentang sepi kali yak. Yowes hiraukan aja lah ya.

Anyway, ada yang tahu kenapa tempat ini terbengkalai dan tak terpakai lagi? Kalau ada yang tahu 
please kasih tau gue biar gue gak mati penasaran dan menghantui kalian semua lol. Beneran lho, kasih tahu ya kalau ada yang tahu. Suwun..

Oh satu lagi, gue harap pihak pengembang bisa merenovasi kawasan ini karena masih banyak bus-bus pariwisata yang bertandang untuk sekedar berekreasi bersama keluarga dan karena Kota Wisata Cibubur adalah salah satu alternatif wisata murah meriah di Jakarta.

*kita akan bahas soal kerdus (kerudung dusta) soon, stay tuned!
Previous
Next Post »

21 comments

Write comments
Unknown
AUTHOR
April 24, 2015 at 4:39 PM delete

im the first...
mirip kyk di museum angkut d malang tuh...byk replika2 bangunan gtu.... tp kyknya ga pke yg mesum2 lho..hehehe.
mksh infonya...

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
April 24, 2015 at 4:40 PM delete

im the first...
mirip kyk di museum angkut d malang tuh...byk replika2 bangunan gtu.... tp kyknya ga pke yg mesum2 lho..hehehe.
mksh infonya...

Reply
avatar
Meliyantina
AUTHOR
April 24, 2015 at 4:43 PM delete

Makasi udah meluangkan waktunya untuk melipir :D
Ya begitulah anak muda jaman sekarang mas haha

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
November 24, 2015 at 4:45 AM delete

Usut punya usut.. Tempat itu di tutup cz ada kasus buaya lepas n' makan korban di danau yg skrg airnya warna ijo...

Reply
avatar
Meliyantina
AUTHOR
December 31, 2015 at 1:18 PM delete This comment has been removed by the author.
avatar
Meliyantina
AUTHOR
December 31, 2015 at 1:40 PM delete

Kalau karena kasus buaya kenapa gak buayanya aja yang ditangkap, kenapa mesti tempatnya yang ditutup?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
February 29, 2016 at 9:41 AM delete

Rute gw brngkt plg gawe,hehew

Ternyata iya, tempat itu harus nya masih ditutup, krna ada anak kecil yg jatoh, yg serem nya, tuh anak nya di caplok ular mayan gede "kya ular bokap gw dihutan" eh abaikan ��.
Nah akhirnya tuh danau dikuras mau nyari itu ular,mka nya kering danau nya, tpi ular nya ga ketemu. ����

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
February 29, 2016 at 9:43 AM delete

Oiya tuh anak jatuh nya di danau pas naik perahu sama ortu nya,

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
August 29, 2016 at 6:17 AM delete

Ane datang ke blog nih pengen tahu kenapa udah di pake nyatanya pada belum tahu. Ane punya saudara di sana tinggal di komplek wisata cibubur sekarang keadaan danau yang di liat pemilik blog idah di urug pake tanah semua udah di hancurin yang jelas bahkan ruko ruko tempat makanan depan kampoeng indonesia

Reply
avatar
Meliyantina
AUTHOR
August 29, 2016 at 9:58 AM delete

Mungkin mau dibuat yg baru gan

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
September 11, 2016 at 2:28 PM delete

Yep, ane barusan dari sana. Terakhir kesana itu jaman ane masih kecil. Pangling banget ane ngeliat suasananya skrg, bener2 terbengkalai. Yang dulunya Fantasy Island paling rame skrg udh bener2 disegel, sedih ya :"
Usut punya usut emang kayaknya sih gegara di danau tsb ada korban santapan buaya yg mengharuskan tempat tsb ditutup, dan lagi pihak pengelola kampung cina spt nya udh keabisan modal utk mengelola tmpt wisata tsb.
Sangat disayangkan ya :(

Reply
avatar
Meliyantina
AUTHOR
September 13, 2016 at 10:08 AM delete

Iya sist, padahal masih banyak lho rombongan bus yg datang kesana. Semoga mereka bisa mendapatkan modal kembali untuk membangun ya

Reply
avatar
Mamak Nai
AUTHOR
October 15, 2016 at 9:10 AM delete

Udah niat mau kesana, dapet review ini jadi urungkan niat #sad 😢

Reply
avatar
Meliyantina
AUTHOR
October 15, 2016 at 7:21 PM delete

Waktu terakhir kesana tempatnya masih instagramable sih, lumayan lah buat foto-foto hehe. Tapi ada komen diatas yang bilang semua bangunan disitu sekarang udah dirubuhin. Sayang banget ya hiks.

Tapi semoga aja dibangun yang baru jadi bisa dikunjungi kembali :)

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
November 27, 2016 at 2:02 PM delete

Dlu main bebek bebekan ama bokap dsna . Sering bgt lagu utopia d puter . Toko smuaa buka ampe mau duduk aja berebut tp skrg . Kecewa jujur kenangan masa kecil yang hilang.

Reply
avatar
Andy J
AUTHOR
January 2, 2017 at 10:51 PM delete

Fix, fantasy island,kampung amerika,indonesia,dll udah rata sama tanah sekarang. Tinggal kampung cina aja yang masih berdiri,btw katanya ada kasus buaya lepas disana ? kok di google gak ada beritanya sama sekali ya ?

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
January 3, 2017 at 1:29 AM delete

INDRA,S.H.
Saya penghuni salah satu cluster di kotawsiata cibubur. Area tersebut akan di jadikan mall. Jadi buaya ular dll itu hoax bgt guys. Thank you. Nice to shared

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
May 5, 2021 at 9:46 PM delete

Wow.. actually its so good news,btw are you still alive?
Katanya di sana jadi bangunan angker yg bener bener sepi sekarang

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
September 30, 2023 at 11:17 PM delete

Iya aku cari2 digoogle gak ada berita y

Reply
avatar