Oh no! Dimakan dan Ditikung 'Temen'

Warning: Posting kali ini tentang TMNT (Temen Makan dan Nikung Temen) akan lebih panjang, gak ada gambar dan mengandung curhat lol.

Prolog:
Sebenernya gue agak bimbang untuk mengepost ini karena, sesungguhnya walaupun gue tersakiti, gue gak mau mengumbar kejelekan orang ataupun untuk balas dendam. Tapi dengan alasan agar kalian bisa lebih bijaksana dalam memilih teman gue putuskan untuk memposting.


Hari Minggu, biasanya jadwal gue sama Pheb buat meet up. Entah itu di perpustakaan (yang seringnya berakhir di McD) atau sehabis jalan-jalan eksploring keliling museum di Jakarta (yang ujung-ujungnya berakhir di McD juga). Seperti kali ini, sebelumnya kita telah mengunjungi Museum Nasional yang terletak di sebrang Monas, you know lah kita berakhir dimana haha. Padahal sebelum itu kita berdua berniat ikut bus city tour yang free itu lho. Tapi apa daya, busnya selalu penuh, saran nih ya kalau mau merasakan keliling Jakarta gratis, jangan pas hari Minggu.

Karena kita gak kebagian nyicip busnya, jadi kita langsung cus ke toko buku di salah satu mall di Jakarta. Udah puas belanja stationary perut keroncongan lagi. Padahal siangnya udah makan cukup banyak hehe. Duh.. niatnya mau ngirit -_- langsung deh cus ke McD.
   
Namanya cewe kalau udah ketemu pasti gak bisa diem, adaaa aja yang diobrolin. Kali ini kita membahas salah satu pengalaman pahit pribadi kita *mulai lebay* yaitu dimakan temen. Nah loh! Bukan dimakan secara harfiah loh ya, gue yakin kalian pasti ngerti kok.

Yang pertama adalah pengalaman  gue. Gue sempat berteman baik dengan seseorang. It’s been about 9 years. Kita sekolah di SD dan SMA yang sama, kuliah dikampus yang sama, dan kerja dikantor yang sama. Dia sempat jadi teman berbagi cerita (even the most-top-secret things), teman berkeluh kesah, dan teman bercanda gurau ngomongin hal-hal gak penting. Sampai suatu hari ada konflik kecil antara gue sama dia. Disaat gue susah dia terkesan enggan membantu gue. Kalau emang gak mau/gak bisa nolong ya bilang lah dari awal. Sepele sih sebenernya, tapi konflik itu cukup membuat gue dongkol dan kita diem-dieman.

Oke, gue memutuskan untuk berdamai dengan dia, memulai obrolan kecil seperti sedia kala. Everything looks good. Tapi ternyata gue denger dari orang lain yang sangat dekat dengan gue juga, si orang yang gue pikir temen ini (mulai saat ini sebut saja knalpot bajaj, soalnya doi bermulut besar) ngomong yang enggak-enggak tentang kinerja gue dikantor. Yang dibilangnya gue fb-an terus, internetan mulu, dll segala macem. But hell-ooo si knalpot bajaj ini juga kerjanya lebih gabut daripada gue. Nyari jersey, window shopping sepatu, tas, dsb, online shopping, beting bola, dan segala macemnya.

Dang! Gue ditusuk dari belakang.Semejak saat itu gue denger dia selalu “memperhatikan” gue, misal gw lagi seneng pakai running shoes (karena emang sepatu lama gue rusak) dia komentar “ih apaan si tuh si meli norak bgt ke kantor pake running shoes”. Terus pas gue beli jeans baru, dia ngomong “ih apaan si meli ke kantor pake jeans mulu” (sebelumnya gue gak pernah pake jeans ke kantor. Fyi: kantor gue flexible banget soal berpakaian). I even dont give a shit about what he’s doing/wearing.

Dia sering merendahkan gue, dia gak suka kalo statement gue bener kalau lagi debat sama dia, dia gak suka kalau gue lebih pinter dari dia. Bahkan, dia pernah bilang “omongan lo mah gak bisa dipercaya”. Padahal gue ngomong ada faktanya, gue tunjukin pula. Gue jadi kepikiran hal yang negatif, was-was kalau dia bakal lebih tajem mulutnya dalam menyebarkan berita yang dikasih bumbu dan belum tentu benar adanya ke orang kantor soalnya gue sempet menginginkan posisinya sekarang (dia naik jabatan). Gue kecewa, gak disangka setelah sekian lama kita temenan ternyata dia seperti itu.

Hmm.. well, kalo gue jadi lu Mel, gue pasti eneg banget liat mukenye, tapi lucu juga, yang ada gue kerjain tiap hari. hahaha... kerjain apaa kek tiap hari, buat dia serba salah, hahah. Dia gak tau diri banget ya, udah dibantuin nyari kerja, TA-nya dibantuin dan parahnya lu temenan udah lebih dari 9 tahun. Gilak haha. Bisa-bisanya dia kaya gitu

Yang kedua adalah pengalamannya si Pheb. Monggo Pheb, waktu dan tempat dipersilahkan.

Hmm well, gimana yaahh.. ini mungkin perasaan gue aja yang terlalu peka atau mungkin gue yang terlalu baper. Jadi gue berteman sama seorang cewe berjilbab, yaang hmm well, yah lebih cantik dari gue, lebih pinter, lebih keliatan anggun dan yahh.. “lebih alim”. Kita temenan dari kelas satu SMA dan berakhir di gerombolan pertemanan yang sama. Gue pikir dia sahabat, karna kita sering jalan bareng, ngumpul, bahakan beberapa kali gue nginep dirumahnya. Orang tuanya pun udah kenal sama gue. Oke, enough about her. Straight to the point, gue punya pacar, dan hampir setahun, di akhir akhir menjelang putus, kita selalu berantem, (okey,I admit it, that’s all my fault, salah gue yang terlalu childish) dan pada akhirnya, gue tau kalo saat gue lagi “break time”, not “break up” yet, dia, si cewe ini, deket sama cowo gue. Semua segerombolan “yang gue anggep temen” itu tau tentang kedekatan mereka, tapi gak ada yang ngasih tau gue. dan pada akhirnya gue yang paling terakhir tau kalo mereka udah deket dan jadian. Wew! Great! “break up time” has come.

Dan entah karena gue di anggap terlalu kuat dan egois atau apa lah serah mereka, gue jadi jauh. Gak pernah lagi ngumpul atau diajak ngumpul sama mereka. aaanndd.... the worst part is, si cewe gak sedikitpun mengatakan apapun sama gue, maaf pun gak, bahkan seperti gak ada usaha untuk membaikkan gue, dan ikut pergi menjauh. waawww!!!! the best, hingga satu saat gue yang nyerah karna di dorong sama temen gue-yang juga temen sekelas dia di kampus- untuk maafin perbuatan dia dan baikan. gue duluan yang maafin dia, gue duluan yang menyapa, dan dia tetap diam! great!! what a great girl! and fyi, dia begitu ampe sekarang. S e k a r a n g !

Mereka yang lu anggap temen slash sahabat, ninggalian lu sendiri. Yaahh anggep aja semua salah gue, tapi apa itu yang dilakuin ama orang yang menganggap diri mereka sahabat? Ninggalin dan melepas gitu aja kalo ada yang salah? dan pada akhirnya gue terasingkan. kapanpun kita ngumpul, (saat itu ada acara, dan gue ikut,) gue jadi terasingkan. gak kenal lagi siapa yang ada di depan gue. mana mereka yang asli, mana mereka yang palsu.
itu aja sih cerita gue Mel,

Wew kalo gue ada di posisi lo entah seperti apa gue akan menjalani hari *halah lebay lagi* Menurut gw, lo sama cowok lo kan waktu itu belum officially break up, ada baiknya mereka gak main belakang, they must tell you the truth even it’s gonna be hurt, really hurt. But it will be hurt more kalau mereka gak ngomong dari awal sama lo.

TMNT ini punya efek samping loh guys, contoh si Pheb yang tadinya ekstrovert jadi introvert, sulit untuk menerima kehadiran orang lain di hidupnya dan sulit membuka diri bahkan sulit dapet jodoh. Kita yang tadinya gampang percaya sama orang, sekarang kita menjadi lebih skeptis.

so…. whats the point of this story?
  1. Orang yang kita kenal baik dan dalam waktu yang cukup lama belum tentu mereka menganggap kita teman. Orang yang kita pikir sahabat belum tentu mereka menganggap kita sahabat mereka.
  2. Ini saran yang bahaya, tapi worked, “jangan percaya sama orang gila. apa lagi yang punya muka dua. Keliatan alim, belum tentu alim, keliatan anggun, belum tentu anggun, dan temenan lama, belum tentu beneran “temen”. Jangan percaya, jangan ketipu. Itu” *nunjuk ala Mario teguh*
  3. Yang namanya temen beneran, mereka akan ada disaat kalian susah, bukan cuma ada pas seneng aja.
  4. Gue inget satu orang pernah bilang ke gue, “Setiap orang punya topeng masing-masing yang gak pernah ditunjukin keluar” so, untuk kalian, yang masih lugu, jangan sampai ketipu, dan kalian yang bermuka dua, atau lebih, jangan menipu. Karena pada akhirnya semuanya akan terluka. Be carefull with people.
  5. Kalau kalian punya salah sama teman kalian, gak ada salahnya kok minta maaf duluan. Ajak ngomong sama teman kalian pelan-pelan. Teman kalian pasti akan memaafkan kalian.
  6. Untuk kalian yang tersakiti, coba pikir lagi, mungkin mereka begitu karena ada sesuatu dari diri kita yang secara sengaja atau tidak sengaja menyakiti mereka. Coba untuk tanya ke mereka, minta maaf duluan kalo ada salah. Gak salah kok untuk minta maaf duluan :)
  7. Cari musuh lebih gampang daripada nyari teman. Jauuuuuh lebih mudah. Jadi jaga teman kalian. Jangan sakiti hati mereka. THATS RIGHT!!! setuju deh sama kamuhh…

Ada ya orang-orang seperti itu. Apakah mereka gak berpikir kalau mereka telah menyakiti? Ah sudahlah.. Sekali inget ya saran kita, boleh kenal dengan banyak orang tapi untuk berteman atau bersahabat kalian harus lebih pintar dalam berteman dan bersahabat. Lebih baik kita punya sedikit teman tapi ‘real best friend’ daripada banyak teman tapi fake.

Dan untuk kalian yang udah terlanjur makan temen, nikmatin, selagi kalian belum kena karma. Atau kalo udah kena, tobat aja neng.. tobaatt… minta ampun ama Tuhan… karena, nyakitin badan, bisa sembuh pake obat, tapi kalau nyakitin perasaan, apalagi sampai bikin orang stress atau trauma, wah.. itu berat hukumannya. Mungkin gak sekarang, tapi suatu saat. itu aja sih.
Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
Lanting Rusak
AUTHOR
February 6, 2016 at 11:25 PM delete

Mantap artikelnya

Btw kunjungi juga blog ane:
http://lantingrusak.blogspot.com/

Reply
avatar
Meliyantina
AUTHOR
February 9, 2016 at 10:37 AM delete

sip gan :-bd terima kasih kunjungannya

Reply
avatar