Pake Jilbab/Hijab? Malu Ah..

Hey Guys,

So, kali ini yang nulis issue  adalah feb, yang biasanya kalo nulis issue itu bagiannya si Mel, dan dia sedang sibuk (dengan apapun itu yang bisa disebut sibuk), jadilah penulis utamanya gue, dan dia jadi penulis kedua.
(seolah-olah yaa, mau bahas apaaa gitu pake penulis satu penulis dua. hahaha)
Oke, abaikan. Gak penting.

Note: yang tulisan warna biru itu gue, Mel. Cewe paling keceh. LOL.

Sekarang, kami mau ngebahas tentang hal yang cukup sensitif (untuk beberapa kalangan) yaitu tentang jilbab, atau beberapa kalangan bilang hijab. Sebenernya gue juga bingung ngebedainnya gimana karena hijab yang gue tau artinya batasan, terus kalo pake hijab berarti kita pake pembatas atau batasan gitu? Oke whatever)

Intinya, jilbab atau hijab itu adalah penutup aurat. Teserah bahasa lu apa, mau sebutnya apa, intinya itu penutup aurat, ya gak?

Yes, setuju deh sama kamu.

Oke disini kita gak ngebahas bahasa yang lu pake, kalo mau lebih tau artiannya, chek link ini aja. Gue juga kagak tau ini sumber bisa dipercaya atau engga, ga ada bukti tes dari ITB dan IPB *ketokpalapakepalu*

Yang mau kita bahas disini adalah untuk Nona-nona muda atau para Nyonya yang udah pake jilbab dan prilakunya terhadap jilbab. Pernah liat kan tante-tante istri Bapak Menteri yang pake jilbab/hijab model Heti Koesendang (bener gak namanya?) alias jilbab jambul bersasak?

Kalo ada yang ngena, maaf ya, tapi ini semua hanya sebatas pendapat kita, dan dari sudut pandang kita doang juga hanya berdasarkan ilmu yang kita punya (yang gak seberapa) jadi mohon koreksinya kalo kita salah, dan kasih saran untuk kita jadi betul bersama. Yes, apalagi ilmu agama gue cetek banget kaya kolam renang buat balita.

1. Nona/Nyonya yang pake jilbab/hijab tapi bentuk tubuh keliatan sama semua mata disekitarnya.


Kalo bahasa gaulnya ada yang nyebut JilBoobs. Di sini ada dua pendapat tentang ini, ada yang setengah memperlihatkan bentuk tubuh, ada yang sepenuhnya menonjolkan bentuk tubuh. Terlebih lagi kalo bodinya aduhai bak cello spanyol, cello lebih gede dari gitar kalo pada gak tau.
Yang setengah ini seperti pake kaos longgar, tapi celananya ketat, atau skinny jeans. Atau sebaliknya, atau bajunya agak longgar tapi jilbabnya pendek, jadi kadang tersingkap dan keliatan sebagian kulitnya (biasanya dada, leher sama bahu). Kalo yang setengah setengah, menurut gue sih gak terlalu menganggu selama dia masih bisa mix n match yang bikin mata nakal jadi gak tergiur. Contohnya, kalo mau pake skinny jeans atau celana yang agak ketat, pake kaos atau bajunya yang panjang, jadi gak nonjolin bentuk tubuh yang menonjol. dan jilbabnya agak panjangin, jadi lehernya gak keliatan gitu.

Kalo yang nonjolin sana sini, menurut gue sih, lepas aja bu lepas itu.. gausah dipake dulu jilbabnya. nanggung. Wkwkwkwk *loh?* Ya lagian buat apa sih pake hijab/jilbab kalo masih nunjukin lekuk tubuh? Mau pamer? Iya, gue tau body gue gak bagus-bagus amat :(

2. Perilaku para jilbabers atau hijabers (whatever they called)

Kalo pake jilbab mbok yo diperhatiin lagi kelakuannya jangan ampe bikin orang bilang “Pake jilbab kok gitu sih kelakuannya?” malu kaaann? kalo gak malu yaudah lepas aja jeeeng lepaaass...
Yep, daripada mempermalukan diri sendiri dan membuat nama agama kalian jadi jelek mending gak usah pake sekalian. Gak mau kan orang lain ngomong “ternyata cewe-cewe yang pake jilbab/hijab itu munafik ya, agamanya ngajarin apa coba” bahkan “orangtuanya ngajarin apa coba” gak mau kan orang tua kalian dicela juga?

Contoh satu:
PDA (Public Display of Affection) atau bahasa sininya pamer kemesraan.
Oke kalo kalian udah nikah dan dibilang sah, teseraaaah.. selama masih menjaga batas kewajaran dan tidak menghancurkan hati para jones di sekitaran kalian.
Kayak elu ya Feb, jones *kabur*

Tapi untuk yang masih belom sah, atau belom muhrim, dan ketahuan sama semua makhluk kalo kalian belum nikah, please banget, jangan dilakuin.
Pertama : itu dosa (pasti kan? kalo gak, coba tanya pak ustad terdekat)
Kedua : bikin malu (kalo kalian ngerti agama, pasti ngerti kata malu, malu sama Tuhan, malu sama Orang tua, malu sama diri sendiri)
Ketiga : kesian ama yang jones. haha…

Hahaha becanda, maksud gue, banyak kan orang yang masih sering bikin stereotype sendiri tentang para jilbabers/hijabers kalo mereka itu sama, padahal gak juga.
Sama kaya stereotype perempuan ke laki-laki bahwa semua pria itu sama brengseknya, ya toh?
Malu lah, nunjukin kemesraan sama yang belum sah, mending kalo ujungnya sama dia, kalo ujungnya di tinggalin, malu! (dan gue disini dengan poker face bilang “mangenak!”)

Teserah emang, “badan punya gue, akun medsos punya gue, pacar juga pacar gue, masbuloh?
Emang bukan masalah gue sih, kan gue disini cuma ngasih pendapat, cih.

Kalo lu emang gak bisa nahan badan lu buat gak mesra-mesraan sama orang, ya gak perlu lah ditunjukin sama seluruh dunia. Buat lu sendiri aja lah, nama jilbabers/hijabers gak sebaik itu dikalangan beberapa orang, jadi jangan bikin lebih rendah lagi. Juga, kalo emang gak bisa nahan diri untuk gak pamer, udaaahh buka aja neng bukaaa jilbabnyaa…

Contoh dua: lidah setajam silet dan tangan lebih heboh dari metro mini. Lidah setajam silet maksudnya masih suka menggunjing, menghina, mengumbar kalimat-kalimat yang berkonotasi buruk dan kasar.

Ada beberapa kali gue liat dan dengar orang yang berjilbab rapi, tapi begitu bicara menyesakkan dada, (buka karena dia berkata jujur tentang sesuatu atau mengatakan fakta) tapi lebih kepada penggunaan tata bahasa yang sangat kasar, seperti memanggil seseorang dengan menyebut nama binatang, (“anjing, monyet, bangsat, bla bla blaaa…”) gak enak kan di dengernya?

“berjilbab kok ngomongnya begitu…”

Atau menghina orang, mencaci maki dan menjatuhkan harga diri orang hingga sakit dan hancur hatinya. Ckckckck.. gak perlu lah di beri contoh yah… ngenes saya..
Kita sama sama tau kalo menghina ciptaan Tuhan = menghina yang menciptanya.
artikan sendiri. Ahahaha.

Dan tangan lebih heboh dari metro mini, maksudnya masih suka main tangan,seperti mukul, nampar, menyakiti orang lain, dan lain sebagainya. kalo kasarnya sih senggol bacok, tapi ya gak segitunya sih, tapi mendekati laah..

Contoh tiga: kemana kaki melangkah disitu dia berdiri. Peribahasanya maksa banget. hahahaha. Berjilbab, tapi ke tempat terlarang seperti PUB, atau Clubbing, atau tempat yang menyediakan minuman haram dan menikmatinya. Hahhhh… menyedihkan.
Kalo mau kesana, lepas aja dulu jilbabnya,

Malu sama jilbab, walaupun selembar kain, tapi dia adalah kehormatan.
Dan jilbab/hijab itu terlebih lagi adalah identitas dari seorang Muslimah aka perempuan yang beragama Islam.

Jilbab menurut gue adalah tanggung jawab dan komitmen untuk lu memperbaiki diri, menutupi diri dari keburukan, melindungi lu dari kejahatan, dan bukan sekedar pelengkap pakaian apalagi ikut-ikutan fashion. Karena fashion jaman sekarang bikin jilbab jadi ngetren dan para nona nona muda jadi ikutan dan bukan lagi berniat karena ketuhanan. Istighfar! Astagfirullah… (sok alim amat gue).
Astaghfirullah….

Gampangnya menurut gue sih, kalo belum sanggup menuhin komitmen untuk gak ngelakuin yang gue tulis di atas (yang gak seberapa dari larangan lain) ini, mending gak usah pake dulu. Atau untuk nona nona yang udah pake tapi masih ngelakuin, buka aja neng, buka. Bikin malu aja, ngaji nya dimana emang neng? ini kan masih larangan dasar. Ahahahaha..

Emang sih banyak yang bilang kalau pake aja dulu jilbab/hijabnya sambil ngebenerin perilaku dan akhlak, toh itu akan menjadi tameng kalian. Tapiiii, tiap manusia itu beda-beda, ada yang gampang dikasih tau, ada bisa menerima perubahan kearah yang baik, ada juga yang bandel walaupun udah bertahun-tahun pake jilbab/hijab. Ya, menurut gue sih mending gak usah pake daripada malu-maluin diri sendiri, orang tua dan agama.

Kayak contohnya nih ya, tau Marshanda kan? Doi sekarang udah buka jilbab. Trus kenapa? Ngaruh sama gue? Engga lah hahah. Jadi menurut analisa gue (cailah) doi begitu karena sadar diri bahwa dirinya belum pantas pake jilbab/hijab. Liat aja kelakuannya hehe. Maap ya mbak Marshanda..

lol (via berawan.com)


Intinya itu semua tergantung masing-masing individu bagaimana menyikapi jilbab/hijab yang kalian pakai. Akan sangat sangat sangat baik apabila pake jilbab/hijab yang udah sesuai aturan agama dan berperilaku sebagaimana mestinya wanita berhijab/berjilbab. Akan sangat baik pula kalo kalian pake jilbab sambil memperbaiki diri dan membetulkan niat utama kalian memutuskan memakai jilbab/hijab, yaitu karena Lillahi Ta’ala (karena Tuhan).

So, segini aja dulu pandangan gue tentang hal sensitif jilbab/hijab.

Kami emang bukan orang bener, bukan juga ahli agama, apalagi ahli fiqih. Mungkin kata-kata kami emang terkesan kasar dan blak-blakan, tapi inilah pendapat dan pandangan kami tentang masalah yang sensitif dan miris bagi sebagian kalangan tentang kerdus (kerudung dusta).

Sekian semoga bermanfaat! Kalo ada yang mau comment, monggo.
:)
Previous
Next Post »