Bangkok Chapter 3: Temple Tour dan Berburu Food Street

Sehari sebelumnya gue udah janjian sama the sister dari Bandung untuk temple tour di Bangkok. Rencana kami hari ini adalah Wat Arun, Grand Palace + Wat Phra Kaew (satu lokasi), dan Wat Pho. Setelah sarapan sambil diskusi akhirnya kami memutuskan untuk menuju Wat yang terjauh lebih dulu biar pulangnya gak kejauhan ( Wat Pho dan Grand Palace deket dari hotel) dan ngejar sunset untuk ambil foto Wat Arun yang spektakuler dari sebrang. Oke let's goooo!

Wat Arun a.k.a Temple of the Dawn

Wat Arun dengan nama lengkap Wat Arunratchawararam Ratchaworamahavihara (et dah ribet ya bacanya) atau yang biasa disebut Temple of the Dawn ini adalah salah satu atraksi turis yang sering dikunjungi. Kenapa namanya Temple of the Dawn? Denger-denger sih karena dinamain dari dewa Hindu yang bernama Arun, doi ini adalah dewa matahari terbit katanya. Meskipun namanya Temple of the Dawn tapi kuil ini buagus banget difoto pas sunset.

Wat Arun pas sunset, sayang gak bisa dapet view ini (via flicker.com)

Dari hotel di kawasan Phra Athit menuju Wat Arun bisa melalui sungai Chao Phraya menggunakan boat dari Phra Athit Pier dan turun di Wang Lang Pier (2 stops dari Phra Athit) lalu jalan kaki lagi kurang lebih 20 menit. Kalau mau murah, pake boat yang benderanya warna orange. Kalo benderanya warna biru, itu boat khusus turis dan tarifnya lebih mahal dari boat bendera orange yang notabene adalah transportasi umum orang lokal. Boat bendera orange 14THB sedangkan boat bendera biru 40THB. Lebih irit kan hahah.

Setelah turun dari boat gue dan rombongan meneruskan jalan kaki dengan bimbingan google maps, yes google maps ini cukup membantu. Tapi cewe-cewe rombongan gak mau jalan kaki, duh. Akhirnya naik nyambung naik bis 149 (9THB). Disini  transportasi umum gampang banget aksesnya, tapi karena diantara kami gak ada yang bisa bahasa Thailand jadinya kita cuma bisa nunjukin apa yang ada di maps dan sialnya si kondektur lupa tunjukin ke kita harus turun dimana. Nyasar lagi pemirsah! Tapi gapapa, ini jadi pengalaman.



Akhirnya ketemu juga tempat kita harus turun setelah bolak-balik turun-naik bis 3 kali. Agak bingung juga sih pas turun "kok jalannya gang begini? bener gak ya mapsnya?" tapi tetep kita putuskan buat ngikutin maps yang kadang sesat dan error. Walaupun nyasar gue bersyukur, kalo gak nyasar gak akan bisa ngeliat kehidupan warga lokal disini, tapi banyak anjing. Takuuut (>.<) Warga Bangkok itu bersih banget, di gang pun gue gak nemu sampah berserakan. Thumbs up deh buat warga sini.

Finally nyampe juga di Wat Arun. Tiket masuknya 50THB/orang. Tapi sayangnya pas gue kesana Wat ini lagi direnovasi. Damn! Yowes, mau gimana lagi. Keliling dan foto-fotonya tetep dilanjut dong. Ternyata kompleks Wat Arun ini cukup luas juga. Bangunannya juga megah walaupun lagi proses renovasi di sana-sini.

Lagi direnovasi :(



Melihat mendung semakin menghitam kami buru-buru menyudahi tur di Wat Arun biar keburu ke Grand Palace. Dari Wat Arun menuju Wat Pho bisa menggunakan boat khusus untuk nyebrang dan tarifnya cuma 3THB lhoo.

Setelah menyebrang kami disambut dengan berbagai macam dagangan mulai dari kerajinan kayu, pakaian, daaaan the best part is food hehe. Udah jam makan siang pula, jadi kami berhenti sejenak untuk makan. Gue beli Chicken Pad Thai (120THB) dan the sisters pesen Chicken Tom Yam (120THB). Di food stall ini juga ada label halalnya lho, jadi no worries buat traveler muslim. Pad Thai ini isinya mi kayak kwetiau gitu, ada taugenya juga, sedikit bumbu kacang, dan telur. Overall rasanya asem, orang Thailand doyan makanan asem ternyata. Gak lupa buat beli buah sebagai makanan penutup, buah disini seger loh dan harganya cuma 20THB. Selain pedagang buah dan Pad Thai ada juga penjual sate-satean (atau whatever itu lah namanya) harganya 10THB/tusuk dan penjual Coconut Ice Cream (30THB) . Gak sempet cobain yang ini tapinya *menyesal* :(

Chicken Pad Thai, Sambel khas Thailand (asin banget dan pedes), buah (Rock Melon & Semangka)

Wat Pho

Perlu gak nih gue sebutin nama panjangnya? Beneran mau tau? Okelah kalo begitu. Nama panjang dari Wat Pho ini adalah Wat Phra Chetuphon Vimolmangklararm Rajwaramahaviharn, gak kalah ribet dari si Wat arun ya. Wat Pho ini juga disebut Temple of Reclining Buddha atau bahasa gaulnya Kuil Buddha tiduran, di dalam Wat ini ada patung Buddha yang lagi bobo cantik. Kenapa patung Buddhanya tiduran? Entahlah mungkin dia lelah, jangan tanya gue, gue gak tau jawabannya hehe. Tiket masuk ke Wat Pho ini 100THB per orang.
Buddha lagi tiduran (via globalwanderings.co.uk)
Untuk masuk ke Wat Pho ini gak boleh sembarangan. Harus pake pakaian sopan, maksudnya untuk yang cewek gak boleh pakai pakaian terbuka (tanktop, celana pendek gemes, baju tembus pandang, etc) apa lagi buka pakaian *ketokpalapakepalu*. Untuk yang cowok juga, harus lengan tertutup dan gak boleh pake celana diatas lutut. Tapi tenang aja, buat yang gak tau dan udah terlanjur pakai pakaian seenak udel, disini disewain baju kaya jubah mandi gitu. Cukup deposit aja sekitar 50THB kalo gak salah dan nanti deposit itu dikembalikan lagi pas mau keluar kuil. Untuk masuk ke kuil kita juga harus melepas alas kaki kita dan menaruhnya di tas yang udah disediakan pengelola kuil. 
Si mbak bule gak pake baju yang bener jadinya doi pake jubah gitu deh
Kalo tadi di Wat Arun sialnya gara-gara renovasi, sekarang di Wat Pho sial turun ujan. Duh ilah perfect amat ini hari. Akhirnya gue and the gank terjebak di Wat Pho sampe sore. Setelah hujan reda baru deh gue lanjutkan perjalanan ke Grand Palace (niatnya).

So, karena letak Grand Palace dan Wat Pho berdekatan, kami memutuskan untuk berjalan kaki menuju Grand Palace. Tapi sepertinya salah ambil arah dan pintu masuk Grand Palace itu jauuuuuh banget. Udah pada capek dan ujan lagi akhirnya kami berdiskusi untuk men-skip Grand Palace. Dilema sih, karena kalo Bangkok gak sah kalo belum ke Grand Palace. Tapi berdasarkan tiket masuk yang mahal (500THB) dan takutnya harga segitu gak worthed it, I mean sama aja kaya Wat-wat sebelumnya jadi diputuskan skip Grand Palace dan balik ke hotel untuk istirahat sebentar.

Dan lagi-lagi karena capek jadi ketiduran sampe jam 7 malem. Duh.. yoweslah lanjut cari makan malem aja. Di sekitaran hotel gak susah cari makanan karena letak hotel yang gue tempatin ini adalah kawasan backpacker. Akhirnya pilihan dijatuhkan pada bebek panggang di daerah Soi Rambuttri (soi itu artinya gang), tapi fotonya ilang dan gue lupa harganya berapa. Maapkan yak. Intinya sih murah kok, gak bikin kantong jebol.

Sebagai dessert gue beli Mango Sticky Rice yang terkenal itu hihi. Bener kata orang-orang, kalo ke Bangkok gak boleh melewatkan makanan yang satu ini! Rasanya endessss (duh jadi pengen lagi). Jadi Mango Sticy Rice adalah ketan yang disiram santan dan dikasih mangga. Kalo di Indonesia mirip-mirip ketan duren gitu, tapi yang bikin beda adalah santannya yang lebih kental daripada ketan duren yang biasa kita makan di Indonesia. Harganya 30THB aja, tapi kalo di objek wisata seperti di sekitar Wat Pho dan Wat Arun harganya 50THB.

Mango Sticky Rice
Gak puas makan nasi bebek dan mango sticky rice, gue berburu street food lain. Gila itu perut apa karung ya -_-. Masih di sekitar Soi Rambuttri, gue menemukan Banana Pancake. Awalnya gue kira ini literaly pancake, tapi ternyata adonannya itu kaya martabak telor. Bikinnya pun sama kaya martabak telor, tapi isinya pisang dan gue pilih dengan saus madu. Selain saus madu ada juga yang pake chocolate sauce, strawberry sauce bahkan nutella pun ada. Rasanya biasa aja sih, kaya martabak telor versi manis, tapi tetep worth it buat dicoba.

Martabak Pisang alias Banana Pancake
Sekian postingan ini dan terima kasih. Duh apaan sih formal amat.
Yaudah intinya tungguin aja kelanjutannya, chapter 3. Oke sip!
Previous
Next Post »