Goes to Bangkok Chapter 2: Rute dari Don Mueang ke Phra Athit/Khaosan

Setelah sekian lama aku menunggu untuk kedatanganmu, akhirnya 16 September 2015 gue berangkat ke Bangkok berbekal tiket promo, duit jajan yang sangat terbatas, dan nekat. Pesawat take off dari Soetta pukul 12:45 siang dan landing di Don Mueang (kalo AirAsia landing disini, bukan di Suvarnabhumi) pukul 16:20.

Sesampainya di Don Mueang, langsung cari SIM Card untuk keperluan maps, instagram (hehe), etc. Finally, gue menemukan konter TrueMove di arrival hall (tengok ke kiri sebelum keluar bandara pokoknya) seharga 299 THB untuk unlimitted data plan seminggu. Agak mahal sih, tapi kecepatannya worth it lah. Gak usah bingung gimana urusan registrasi SIM cardnya, kasih paspor dan handphone nanti mereka men-setting langsung dan kita tinggal terima jadi aja (tetep diawasin, nanti ketuker sama orang lain).
TrueMove SIM Card via pantip.com
Pas lagi ngantri beli SIM Card ada dua teteh dari Bandung yang sama-sama baru ke Bangkok tapi mereka belum booking hotel dan mereka memutuskan buat nginep di hotel yang sama dengan gue. Oh, gue belom kasih tau ya booking hotel dimana hahah. Gue booking hotel di daerah Phra Athit namanya Happio, deket Khaosan (baca: Koh-san) road yang terkenal dengan area backpacker di Bangkok. Gue booking dua malam aja karena banyak review negatif dari traveller lain yang udah nyobain bobok disana dan memutuskan mencari hotel lain di daerah yang sama dan akhirnya gue menemukan BB House di Soi Rambuttri yang letaknya gak jauh dari hotel pertama. Harganya pun sama dengan hotel pertama tapi kamarnya jauh lebih nyaman di BB House.

(Ulasan tentang hotel akan dibahas lebih dalam di post berikutnya, seperti biasa masih dalam proses pengetikan. Sabar yak gaes!)

Rempong dengan SIM Card udah kelar, sekarang tinggal rempong nyari rute dari bandara ke hotel. Berdasarkan info yang udah gue cari sebelumnya (www.transitbangkok.com) dari bandara ke daerah Phra Athit bisa memakai bus No. 59 turun di Mochit (Chatucak Park) terus nyambung bus no. 3 dan langsung turun depan hotel. Tapi setelah kita tanya petugas bandara bus ternyata kalo mau naik bus no. 59 itu jalan agak jauh dari bandara. The sisters (teteh-teteh bandung) menyarankan naik taksi karena kita berempat udah mutar-muter gak jelas di bandara selama setengah jam. Tapi, karena gue dan mba Indri mau belajar jadi petualang (bilang aja kere) kami tetep kekeuh mau naik bis.

Akhirnya tanya lagi sama abang petugas bandara dan doi bilang kita bisa naik bus A1 ke Mochit (saat itu kami gak tau kalau Mochit sama dengan Chatucak Park lol). Tarif bis ini 30THB.  Di dalam bis ternyata udah banyak turis-turis lain yang naik bus A1 ini dan hening. Tapi ya namanya aja cewe-cewe rempong, suasana bus yang tadinya hening jadi gaduh sampai mengaduh hanya karena kami berempat ngobrol riweuh. Lebay? Emang HAHA.

Bus A1, yang baju item kondekturnya
Sesampainya di Mochit, dengan sotoynya gue kira bakal langsung dapet bis no. 3 di halte yang sama di tempat gue turun tadi.

10 menit, oh mungkin macet jadi busnya lama.

20 menit, mana nih. *liat maps* "bener kok disini, apa harus nyebrang ya?"

Jalan bolak-balik akhirnya kami menyerah dan coba tanya sama orang lewat. Kita tanya sama satu turis yang gayanya keliatan dia know Bangkok well dan ternyata dia juga mau ke tempat yang sama tapi dia juga gak tau naik apa, salah sasaran ternyata. Tanya lagi sama orang lain. Mangsa kali ini adalah warga lokal, dedek lucu anak sekolahan (sumpah cantik bgt doi kaya artis korea) karena gue berasumsi dia bisa bahasa Inggris. Ternyata engga. Gubrak. Walaupun doi gak bisa bahasa Inggris dan gak tau naik bis apa tapi dia sangat membantu sampai dia nelpon temennya. Doi bilang udah bener nunggunya gak usah nyebrang, tunggu di halte yang berikutnya (kesanaan lagi dari halte pertama).

Ternyata, di Bangkok itu tiap halte ada nomor bus yang beda-beda dan gak tiap bus itu berhenti di tiap halte. Bingung? Sama saya juga. Ya pokonya kalo nunggu bis nomor tertentu liat dulu di halte ada gak nomor bis yang kalian cari dan turun bus harus di halte juga, gak kaya kopaja. Gak kepengen nyasar lagi karena hari menjelang malam, kami memutuskan tanya lagi buat make sure. Targetnya masih anak sekolahan (couple yang sekarang), untungnya si cowo bisa bahasa Inggris dan dia bilang si cewe mau ke arah yang sama, jadi nanti kita naik bis yang sama dengan si cewe, nanti ditunjukin turun dimana katanya. Tarif bis ini 15THB.

Halte bis di Bangkok (via dpreview.com)
Salah banget emang nyampe sana sore hari. Jam pulang kantor selain macet plus busnya penuh pula. Sambil membunuh kebosanan tetep ya namanya cewe kebiasaan ngerumpi gak bisa lepas dan semua orang di bus mandangin kami berempat. Hampir satu jam perjalanan tiba-tiba si cewe bilang kalo bentar lagi kita turun, tapi dari tempat kita turun harus jalan lagi.

Kami turun di perempatan besar, known as Democracy Monumen, mampir 7-11 (disini tiap sudut ada sevel, kayak indomart ama alfamart di jakarta) buat beli minum dan ngecek maps kemana kita harus berjalan.
rute jalan kai
Yak, rute jalan kaki udah ketemu. Cus ke hotel via khaosan road dengan bimbingan google maps. Di Khaosan road ini ruameee buanget, banyak penginapan, tukang jajanan, baju, bar, dan sebagainya. Ibarat Malioboro kalau di Jogja. Jalan kaki sekitar 20 menitan (jauh kan?) akhirnya nyampe juga di hotel lalu check-in dan tepar.

Tiba-tiba perut gak bisa diajak kompromi sama badan. Akhirnya kalah dengan keadaan perut yang keroncongan dan keluar buat nyari makan. Jalan ngalor ngidul sampai Khaosan Road, mana ujan, becek, ga ada ojek, gak nemu makanan yang pas dihati dan pas dikantong. Diperjalanan menuju hotel kawasan benteng Phra Athit, sekilas gue lihat ada penjual makanan halal. Jadi kami putuskan untuk makan di halal food stall tersebut (macem angkringan gitu lah). Yang jual ibuk-ibuk pake jilbab gitu. Makanannya mirip-mirip nasi rames, dia menyediakan nasi di piring terus kita tinggal pilih mau lauk apa.

Halal food stall dekat Phra Athit Fort

Gue pesen nasi dengan lauk yang kelihatannya ayam dan jamur kuping, mba Indri pesen nasi dengan lauk kayak ayam semur gitu. Plus si ibuk ini juga jual chicken noodle soup, syahdu banget deh ah dimakan pas ujan-ujan hihi. Tapi ternyata nasinya buanyak banget pemirsa! Tau gitu pesennya setengah aje -_-

Noodle soupnya endes! :D
Overall rasanya not bad lah. Ayam tumis yang gue pesen gak cocok rasanya di lidah gue (apa emang gue yang norak ya hahah). Yang bikin gak enak adalah daun yang sepertinya sejenis kemangi rasanya kuat banget. Kalau ayam semurnya menurut mba Indri rasanya maniiis banget. Makanya jangan sambil ngeliat gue pas makan mba :P
Noodle soupnya juara! Enak dan ini adalah noodle soup favorit selama di Bangkok.

Karena porsinya segede gaban, gue khawatir ini bakal mahal. Ternyata makan berdua cuma menghabiskan 134THB aja! Murah loh... Dan yang bikin gue takjub adalah disini bersih banget! Gak ada orang buang sampah sembarangan dan gak ada sampah berserakan di jalan. Bahkan para penjual makanan pinggir jalan pun ikut bertanggung-jawab menjaga kebersihan lokasi yang mereka tempati. Truk sampah pun datang sesuai jadwal dan sampah disini juga udah dipilah-pilah loh. Semoga Indonesia bisa begini ya.

Pas pulang karena di hotel gak dapet minum gratis jadi kita mampir 7-11 lagi buat beli air galon yang ukuran kecil seharga 38THB.



To be continue...
Previous
Next Post »

4 comments

Write comments
June 18, 2016 at 5:21 AM delete

membantu sekali..
mba.. dri mochit ke democracy monumen tetep naik bis no. 3 ya?

Reply
avatar
Meliyantina
AUTHOR
June 20, 2016 at 10:22 AM delete

Menurut informasi dari google maps sih begitu mba, tapi udah lama ditungguin bis-nya gak dateng juga. Saya lupa nomor bis yg waktu itu saya naiki dari Mochit, lebih baik sih tanya sama orang sekitar aja atau tanya sama anak sekolah. Kalau mau naik taksi biasanya disana nembak (pernah nawar 300THB), gak mau pake argo apalagi kalau mereka tau kita ini turis. Semoga membantu ya infonya :)

Reply
avatar
mrs.ydp
AUTHOR
July 27, 2018 at 11:37 AM delete

Mba kalo di don moeang ke BB House itu berhenti enakan di khaosan ato di national gallery??? Saya mau nginep di sana soalnya hehehhe

Reply
avatar
Meliyantina
AUTHOR
August 30, 2018 at 2:11 PM delete

Di national galery lebih dekat. Tapi tetap harus jalan kaki sedikit.

Semoga infonya membantu :)

Reply
avatar