Backpacking Rules

Berdasarkan info yang gue dapat dari berbagai sumber, mau backpacking dalam negeri kek, mau keluar negeri kek bahkan mau keluar planet itu ada rulesnya. Apalagi kalo traveller kere minim budget kaya gue. Kalo yang banyak duit mah enak, tinggal kemana angin membawa atau bahasa kerennya go with the flow juga hayuk. Dibawah ini merupakan rules backpacking yang gue rangkum dari berbagai sumber:

1. Rencana Awal:

Sebelum berangkat pastikan kita tau mau kemana. Gak perlu bikin itenerary terpirinci, cukup kerangka awal aja. Contoh kerangka awal yang udah gue buat:
Titik awal di Singapore dan berencana stay disana 2-3 hari. Lalu lanjut ke Malaysia (Johor Baru/Butterworth station) by bus. Dari Malaysia pengen banget nyobain yang namanya sleeper train menuju stasiun Hua Lampng, Bangkok (estimasi 22 jam). Stay di bangkok 3-4 hari terus lanjut lagi ke Cambodia by bus, mampir Angkor Wat dan tujuan terkahir adalah Vietnam (Saigon - Dalat - Muine).
Untuk info sleeper train kalian bisa lihat disini
  

2. Berburu Tiket Promo

Oke, kerangka awal udah ada. Selanjutnya dalam dunia per-backpackingan (halah bahasa apa sih ini) yang namanya berburu tiket promo itu adalah ritual yang sangat sangat sangat sakral. Gak usah pake mandi kembang tengah malam, cukup kalian ikutin news letter/fb/twitter/instagram/semua medsos dari tiap moda transportasi (maskapai penerbangan, kereta api, agen bus). Jadi kalau mereka lagi ada promo kalian bisa up to date.

3. Cari Info!

Menurut gue backpacker adalah pejalan mandiri, gak pake tur paketan. Jadi kalian harus rajin nyari info dari setiap tempat yang akan kalian datengin. Terutama tiket atraksi, penginapan, biaya makan, biaya transport, etc. Selebihnya bisa kalian sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.
Cari infonya juga yang up to date, jangan info dari tahun jebot masih dipake juga. Dengan kalian dapet info dari sana-sini kalian bisa estimasi kira-kira berapa pengeluaran yang akan dibutuhkan. Setelah tau berapa kira-kira pengeluaran ada baiknya budget yang udah disusun dilebihkan untuk antisipasi kalau tiba-tiba ada kejadian gak terduga.

Tips: untuk meminimalisir biaya penginapan kalian bisa coba Couchsurfing. Couchsurfing ini adalah kita stay di rumah warga lokal dengan harga yang sangat murah bahkan free bersyarat, misal bantuin masak atau cuci piring (tergantung dari si empunya rumah).


4. Punya Paspor 


Ini dokumen penting banget buat keluar negeri. Ya kalau cuma mau keliling Indonesia gak perlu pake paspor. Saran gue sih nih ya, walaupun kalian belum tau mau kemana bikin aja dulu paspornya. Kalau ada tiket promo bisa langsung sikat dan eksekusi :D

5. Bikin Tabungan Khusus Travelling

Gaji minim bukan berarti kalian gak bisa liburan. Gue banyak baca kisah orang yang cuma OB, mahasiswa, dan sebagainya bisa tetep liburan walaupun gaji mereka gak seberapa. Tinggal gimana cara kalian aja me-manage uang kalian biar bisa jalan-jalan. Tapi tetep jangan lupa ya disisihkan juga untuk keperluan sehari-hari kewajibannya. 

6. Ultimate Packing

Bawa pakaian dan segala perlengkapan pribadi pasti dong. Tapi buat yang mau menghemat gak mau beli bagasi dan gak mau bawa tas kebanyakan harus puter otak. Untuk 10 hari travelling gue cuma bawa 1 jaket, 6 atasan, 4 bawahan, 2 baju tidur, dan baju dalam secukupnya. Gimana caranya 6 baju bisa dipake 10 hari? Laundry! Biaya laundry itu jauh lebih murah daripada kalian beli bagasi yang harganya gak murah.

Usahakan juga pakai pakaian terberat untuk flight jadi bawaan di tas bisa berkurang. Untuk menghemat space di tas kalian bisa cari di google/youtube "ultimate packing hacks" atau "ninja packing tips" etc lah.

Itu tadi rules backpacker yang udah gue rangkum dari berbagai sumber. Kalau ada yang mau nambahin monggo comment below. Di post selanjutnya gue akan share perjalanan gue ke Bangkok! See ya next post :D
Previous
Next Post »